MERAWAT LADANG KEHIDUPAN

MERAWAT LADANG KEHIDUPAN

Karya: MARIA GS RATNA

Gembira Belajar Kerjasama Multi Pihak dalam Pastoral Pariwisata Holistik

Gembira dan bangga bisa mengalami kegiatan yang istimewa ini. Puncak Posesi Devosi Bunda Maria, Festival Budaya dan Pameran Ekraf, dalam rangka Pastoral Pariwisata Holistik, sedang berlangsung tgl.5-6 Juli 2022, di Lokasi Wisata Pantai Ligota, Borong – Manggarai Timur. Penyelenggara adalah Paroki St. Hubertus Sok; kerja kreatif Pastor Paroki bersama Dewan Paroki dan Panitia Pelaksana, dimana keterlibatan umat menjadi tujuan utama.

Kami umat berlajar berpartisipasi aktif untuk berdoa dan berkarya, kegiatan dalam semangat iman untuk semua aspek kehidupan. Dan sangat istimewa, saya menyaksikan semangat partisipasi umat, serta berbagai pihak lembaga swasta dan pemerintah, pelaku usaha dan pariwisata. Agendanya akan hadir Bupati Kabupaten Manggarai Timur mengunjungi dan berpartisipasi langsung dalam acara ini.

Sebagi umat, saya menyatakan kebanggaan dan kegembiraan saya, boleh terlibat mengalami kreasi pastoral yang istimewa ini. Harapan saya, terobosan kegiatan seperti ini diteruskan dan bisa menyebar di seluruh Keuskupan Ruteng. Umat berdoa dan bekerja dalam dinamika kehidupan zaman yang dialami sehari-hari.

Lalu, sebagai perempuan petani, yang menjadi anggota kelompok Gempur Gejur dan Rumah Produksi Pastoran SanHub, saya berterimakasih kepada Pastor Paroki, Dewan Paroki dan Panitia Penyelenggara, yang bekerja keras mensukseskan kegiatan istimewa ini. Saya merasakan manfaat yang luar biasa untuk belajar bekerja sama dengan multi pihak; baik kegiatan rohani, maupun budaya dan ekonomi.

Secara ekonomi, sangat banyak pelajaran berharga dan manfaat yang kami alami. Kami belajar pengalaman membangun usaha produksi ekonomi kreatif, belajar tentang konsumen, belajar pemasaran dan membangun jaringan dengan berbagai pihak.

Sedangkan secara budaya, saya semakin bangga dengan kekayaan adat budaya Manggarai. Bukan saja untuk kegiatan hiburan, tetapi terutama karena adat budaya sungguh menjadi bagian khas kegiatan rohani, sekaligus membangun kebanggaan akan identitas jatidiri sebagai orang Manggarai. Jika ini dilihat dalam kaitan program pastoral Pariwisata Holistik, maka khasanah adat budaya, rohani dan usaha ekonomi kreatif menjadi sebuah kesatuan untuk mengembangkan peluang pariwisata sebagai berkat bagi kehidupan umat. Apalagi generasi muda dan anak-anak yang bersemangat terlibat aktif. Sebuah potensi nyata dan harapan akan keberlanjutan; baik dalam kehidupan rohani maupun budaya dan ekonomi.

Menurut saya, kreasi dan inovasi pastoral yang dilakukan oleh Pastor Paroki, Dewan Paroki dan Panitia Pelaksana di Paroki Santo Hubertus Sok – Borong ini, dalam konteks program Pariwisata Holistik Keuskupan Ruteng, sangat relevan bagi kehidupan umat. Maka sangat mendukung agar perlu dilanjutkan serta ditingkatkan. Kami umat bisa belajar menghayati iman dengan berdoa dan berkarya dalam berbagai hal. Kami umat saling belajar, saling melengkapi dan saling melayani dalam semangat iman, untuk membangun kehidupan lebih sejahtera rohani jasmani.

Kegembiaraan dan kebanggaan ini saya rasakan bersama teman-teman kelompok Gempur Gejur dan Rumah Produksi SanHub, juga terlihat dalam kelompok umat lain yang berpartisipasi aktif di seluruh rangkaian acara. Sebuah pengalaman baru, bahwa kegiatan ini dikreasi dan diinisiasi oleh pihak Gereja Paroki Santo Hubertus – Sok. Apalagi dengan fokus pada Pariwisata Holistik. Kiranya akan diikuti oleh Paroki lain dengan kordinasi dari Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng, karena Manggarai menjadi bagian yang utama dari destinasi super premium pariwisata Labuan Bajo.

Kami gembira dan bangga bisa belajar Kerjasama dengan multi pihak, apalagi dalam semangat iman. Hal ini menjadi sebuah pengalaman istimewa yang saya rasakan sebagai umat bersama kelompok para ibu petani. Sekali lagi, apresiasi dan terimakasih kepada penyelenggara kegiatan ini; Pastor Paroki, Dewan Paroki dan Panitia Pelaksana dari Paroki Santo Hubertus Sok – Borong, Manggarai Timur.

Ya Tuhan Allah,
Syukur dan pujian bagi kebesaran penyelenggaraanMu, yang kami alami dalam kegiatan pastoral Pariwisata Holistik di Keuskupan Ruteng, melalui penyelenggaraan Posesi devosi Bunda Maria, Festival budaya dan Pameran Ekraf, yang diselenggarakan Paroki Santo Hubertus Sok. Berkatilah kami semua, agar sehat rohani jasmani, dan bisa melanjutkan doa serta kerja kreatif untuk membangun kesejahteraan keluarga. Kuatkan kami untuk mampu bekerjasama, saling melayani dan belajar dalam semangat cinta kasih, sehingga diri kami semakin bermartabat, bisa menjadi pembawa berkat bagi sesama dalam kehidupan setiap hari. Bunda Maria, dampingilah kami semua putra-putriMu dalam ziarah iman ini.
AMIN

Foto: Pantai Ligota